CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

26 September 2009

prihatin dengan muslimah sekarang..??!!

Dulu.. pada awal2 ana membuat account FB, ana diangkat sebagai admin sebuah group oleh salah seorang ikhwan. Seperti yang telah kita ketahui,, admin biasanya mengirimkan bacaan bacaan kepada para anggota.
Nah.. kebetulan.. dulu ana kirim tentang masalah jilbab..
Terdapat berbagai macam respon..tetapi ada satu teguran kepada ana dari seorang wanita yang membuat ana tersentak..
kurang lebih isinya begini :
Kenapa sih dari dulu jilbab terus yang di bahas..??
Dikit2 jilbab..dikit2 tentang muslimah..terus tentang ta'aruf..ujung ujungnya tentang nikah..
Apa gak ada bahasan yang lain apa..
Yang lain kenapa..!!? tentang fiqih,,tentang berita2 masa kini,,atau tentang muamalah dengan orang sekitar..
Dari dulu jilbab terus,,sampai kenyang rasanya. Aku itu udah faham dan mengerti masalah ini..bosen dari dulu jilbab terus..

Perlu di ketahui,,!!? dia memasang foto di FBnya..dan ketika terlihat fotonya..
Astaghfirulloh…Astaghfirulloh…
Orang yg mengatakan faham tentang masalah jilbab,,orang yg mengatakan kenyang akan bahasan jilbab..
Ternyata …
Pakek kerudung mini.. bajunya ketat membentuk lekuk tubuhnya..
Astaghfirulloh..

Kemudian ana balas pesan dia..
Dalam group ini terdapat macam2 orang.. sedangkan kita mengirim pesan2 kepada anggota dg melihat keadaan anggotanya,, dan ana lihat banyak anggota yag tidak tau atau kurang mengerti apa dan bagaimana makna jilbab yg sebenarnya..bagaimana tidak mau membahas tentang jilbab jikalau manusianya masih mengenakan kerudung mini,,kerudung yg menutupi leher aja..sedangkan bajunya teramat ketat..

Kemudian ana cantumkan dalil2 tentang jilbab..
firman Allah dalam surat An-Nuur ayat 31 :
Artinya: “Katakanlah kepada wanita yang beriman.Hendaklah mereka menahan pandangan mereka dan memelihara kemaluan mereka dan janganlah mereka menampakkan perhiasan mereka kecuali yang (biasa) nampak dari mereka. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dada mereka, dan janganlah menampakkan perhiasan mereka, kecuali kepada suami mereka atau ayah mereka atau ayah suami mereka (mertua) atau putra-putra mereka atau putra-putra suami mereka atau saudara-saudara mereka (kakak dan adiknya) atau putra-putra saudara laki-laki mereka atau putra-putra saudara perempuan mereka (keponakan) atau wanita-wanita Islam atau budak-budak yang mereka miliki atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti aurat wanita...”
Juga firman Allah dalam surat Al-Ahzab ayat 59 : Artinya: “Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mumin: “Hendaklah mereka mengulurkann jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Apa ternyata jawaban wanita ini..???

Alqur'an itu tidak bisa di telan mentah2.. harus dengan penafsiran dan menurut saya ayat itu maknanya : pokoknya kita berpakaian itu menutup aurot saja..

Astaghfirulloh..
Ana tertegun dengan jawaban seperti itu yg keluar dari seorang wanita yang menyatakan dirinya faham dan kenyang dengan bahasan tentang jilbab..

Apakah kurang jelas Ayat Al Qur'an di atas..??
Apakah kurang terang..??
Dan sedangkan para ulama' ahli tafsir menyatakan..

MAKNA JILBAB
Dalam ayat di atas ada kata jalaabiib, bentuk plural dari mufrodnya (kata tunggalnya) yaitu jilbab, yang memiliki makna:
1. Kerudung besar yang menutupi semua anggota badan, sebagaimana penjelasan Imam Al-Qurthubi (Tafsir Al-Qurthubi 14/232).
2. Pakaian yang menutupi semua anggota badan wanita, sebagaimana yang dituturkan oleh Ibnu Mas’ud, Ubaidah, Qotadah, Hasan Basri, Said bin Jubair, Ibrahim An-Nakhoi dan Atho’ al¬Khurasani. (Lihat Tafsir Ibnu Katsir 6/424, Al¬Muhalla 3/219).
3. Selimut yang menutupi wajah wanita dan semua anggota badannya tatkala akan keluar, sebagaimana yang dituturkan Ibnu Sirin. (Lihat Tafsir Ad-Durul Mansur 6/657, Tafsir Al¬Baidhowy 4/284, Tafsir An-Nasafi 3/453 581, Fathul Qadir 4/304, Ibnu Katsir 6/424 dan Tafsir Abu Su’ud 7/108).
4. Pakaian yang menutup dari atas kepala sampai ke bawah, sebagaimana yang dituturkan oleh Ibnu Abbas. (Lihat Tafsri Al-Alusy 22/88).
5. Selendang besar yang menutupi kerudung. Sebagaimana yang dituturkan oleh Ibnu Mas’ud dan para tabi’in. (Lihat Tafsir Ibnu Katsir 6/ 425).
6. Pakaian sejenis kerudung besar yang menutupi semua badan, sebagaimana yang dituturkan oleh Ibnu Abbas dan Ibnu Mas’ud. (Lihat Tafsir Ats¬Tsa’labi 2/581).

Dan sabda Rosululloh : Ada dua kelompok termasuk ahli neraka, aku belum pernah melihatnya: Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapl, mereka memukul manusia dengan cambuknya, dan wanita yang kasiyat (berpakain tapi telanjang baik karena tipis, atau pendek yang tidak menutup semua auratnya), Mailat mumilat (bergaya ketika berjalan, ingin diperhatikan orang) kepala mereka seperti punuk onta yang berpunuk dua. Mereka tidak masuk surga dan tidak mendapatkan baunya padahal bau surga itu akan didapati dari sekian dan sekian (perjalanan 500 th).. (HR. Muslim 3971, Ahmad 8311 dan Imam Malik 1421).
Bukan hanya berpakaian pokok menutupi,, tapi seharusnya tidak membentuk lekuk2 tubuhnya..

Seperti halnya kisah2 yg telah ana cantumkan.. apakah kita tidak takut akan adzab Allah ??
Meski adzab Allah kadang tidak langsung turun didunia ini .. apakah mereka tidak beriman akan hari pembalasan kelak yaitu hari Akhirat..??

Hendaknya menjadi pelajaran buat saudara2ku khususnya saudariku muslimah ..
Jangan suka meremehkan ilmu..
Jangan suka melawan atau menafsirkan ayat seenaknya sendiri..

Rosululloh shallalhu'alaihi wasallam bersabda :
Sebaik-baik manusia adalah pada masaku ini (yaitu masa para Shahabat), kemudian yang sesudahnya (masa Tabi’in), kemudian yang sesudahnya (masa Tabi’ut Tabi’in).” Muttafaq ‘alaih. HR. Al-Bukhary (no. 2652) dan Muslim (no. 2533 (211)) dari Shahabat Ibnu Mas’ud Radhiyallahu 'anhu

Maka yg di tanyakan….
lebih pantas mana untuk diterima dan di ambil dalam menafsirkan suatu ayat..??
Apakah tafsiran ulama' ahli tafsir seperti di atas..?? ataukah tafsiran kita sendiri..??
insyAllah orang yg berilmu dan memiliki jiwa yg hanif tau jawabannya,,

Mudah2an Allah selalu memberikan hidayahnya kepada kita..
Semoga Allah melindungi kita dari adzab neraka jahannam..
Semoga Allah memasukkan kita semua ke dalam surga .. Amiin

0 komentar: